TIPS: CARA MERAWAT MOTOR YANG BAIK
https://ayopromosikan.blogspot.com/2013/11/tips-cara-merawat-motor-yang-baik.html
Hampir semua rumah memiliki sepeda motor, namun tidak semua
pemilik sepeda motor tahu bagaimana cara merawat motor yang baik. Dalam hal
ini, kami akan mengulas tentang perawatan ringan pada sepeda motor. Perawatan
paling rutin harus dilakukan adalah menjaga kebersihan motor. Cucilah motor
secara rutin, terutama saat musim hujan, sambil mencuci, amati secara sekilas
motor Anda, dan lakukan tindakan jika ditemukan kejanggalan yang sifatnya
ringan dan bisa ditangani sendiri. Di bawah ini akan kami uraikan mengenai
perawatan ringan pada komponen sepeda motor.
Merawat Terminal Aki dan Rumah Aki
Bersihkan rumah aki dan terminal aki secara berkala. Jika
terdapat karat-karat, bersihkan karat tersebut, kencangkan baut terminal agar
strum yang dihasilkan kuat, sehingga mencukupi pasokan tegangan pada CDI atau
sistem pengapian lain.
Merawat Busi
Busi harus dibersihkan secara berkala, komponen ini
merupakan komponen pengapian penting dalam sepeda motor. Bahkan pada kondisi
atau periode tertentu, busi harus diganti. Sebaiknya lindungi busi dari air
hujan menggunakan sealer anti air. Sambungan antara cob busi dengan kabel koil
ditutup dapat dengan isolasi, sehingga bisa melindungi sambungan tersebut.
Interval pembersihan busi harus lebih sering jika musim hujan atau motor sering
melewati genangan air. Untuk motor 4 tak, pembersihan busi secara intensif juga
harus dilakukan jika ring piston dan seal klepnya aus. Jika saat dihidupkan
terdengar suara seperti letupan, hal itu menunjukkan bahwa busi sudah waktunya
diganti.
Cara Merawat Busi
Bersihkan busi menggunakan pembersih busi, dan gunakan
ukuran busi untuk mengukur gap, 0,6 mm. Busi harus diganti secara rutin setiap
8.000 km. Gunakan busi yang direkomendasikan oleh pabrik pembuat motor Anda.
Merawat Rantai
Tingkat ketegangan rantai harus dipantau secara rutin, bisa
dilakukan saat mencuci motor Anda. Cara memantai rantai dapat dilakukan dengan
menekan rantai sebelah bawah ke atas, toleransi jarak antara rantai dalam
kondisi tidak ditekan dengan rantai dalam kondisi ditekan kurang lebih 20-30
mm. Jika lebih besar dari angka itu rantai berarti terlalu kendur, harus
dilakukan penyetelan ulang. Berikan pelumas pada rantai menggunakan pelumas
khusus rantai.
Merawat Pelek
Pelek harus dikontrol dan dipantau, sehingga keamanan dan
kenyamanan saat mengendarai motor lebih terjamin. Pengamatan dilakukan pada
lingkar roda, berdirikan posisi kendaraan dengan standar tengah, kemudian roda
diputar, amati apakah terjadi spelling atau tidak. Pengamatan juga dilakukan
pada jari-jari dan ban. Jika ditemukan kejanggalan, segera bawa ke bengkel
untuk memperbaiki atau menyetel pelek sepeda motor Anda. Jika sudah tidak bisa
diperbaiki, sebaiknya ganti dengan pelek yang baru.
Merawat Tromol
Tromol juga harus dirawat dengan baik, lepas ban Anda dan
bersihkan semua kotoran yang menempel pada tromol dengan kain atau lap basah.
Frekuensi pembersihan tromol tergantung pada jalan atau rute yang dilalui, jika
rute yang dilalui terlalu sering melewati jalan becek, sebaiknya frekuensi
pembersihan lebih sering.
Merawat Lampu
Lampu merupakan bagian penting dalam sepeda motor Anda.
Peraturan sekarang, pada saat siang hari sepeda motor juga harus menyalakan
lampu. Apalagi untuk daerah-daerah yang berkabut, lampu memegang peranan
penting demi keselamatan berkendara di jalan.
Perawatan lampu pada sepeda motor bisa dilakukan dengan
membersihkan mika lampu depan atau head lamp. Jika kondisi mika lampu ini
bersih, nyala lampu akan terlihat lebih terang. Amati kondisi kabel-kabel, dan
fitting lampunya. Jika terdapat luka atau lecet pada kabel, segera dibalut
dengan isolator.
Demikian informasi yang dapat kami sajikan, semoga
bermanfaat.